Jumat, 29 Juli 2016

5 Faktor Penyebab Tinggi Badan Tidak Optimal



Sebagian dari kamu merasa heran mengapa tinggi badan kamu tidak dapat tumbuh optimal? mengapa pertumbuhan satu anak dengan anak yang lain bisa berbeda-beda? nah berikut adalah 5 Faktor Penyebab Tinggi Badan Tidak Optimal

Faktor Gizi

Faktor Gizi pada makanan yang kita konsumsi  sangat penting dalam pertumbuhan tinggi badan. Faktor gizi adalah faktor yang sering ditemui pada kasus-kasus tinggi badan yang tidak optimal. beberapa zat yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang antara lain adalah lodium, protein kalori, serta zat gizi mikro seperti vitamin A, zink (besi).

Gizi adalah poin penting dalam pertumbuhan tulang oleh karena itu umumnya saat masih bayi, seorang ibu sebaiknya memberi asupan susu yang kaya akan gizi. Susu adalah minuman yang baik untuk pertumbuhan tulang. dalam secangkir susu mengandung semua yang dibutuhkan tulang seperti kalsium, Protein, Magnesium, serta berbagai macam vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat. Selain kalsium pada susu, ternyata vitamin D juga penting. vitamin D berfungsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Sumber vitamin D tidak hanya terdapat pada susu saja kedelai, ikan, hati, margarin, serta kuning telur juga dapat menjadi alternatif sumber vitamin D.

Makanan Berkadar Gula Tinggi, Mengandung MSG dan Mie Instan

Makanan berkadar gula tinggi mengakibatkan kekurangan vitamin dan mineral sehingga menghambat produksi hormon pertumbuhan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan lemak juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat, bahkan beberapa riset peneliatan mengatakan bahan pangan yang termasuk dalam kadar indeks glisemik tinggi akan meningkatkan terjadinya inflamasi dan meningkatkan produksi minyak penyebab jerawat. Indeks glikemik adalah kecepatan makanan dalam meningkatkan kadar gula darah. Makanan dengan kadar glikemiks tinggi antara lain minuman mengandung gula, cokelat, karbohidrat yang disaring, dan masih banyak lagi. Penelitian menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan dengan indeks glisemik rendah memiliki jerawat lebih sedikit terutama mereka yang berusia remaja

MSG apapun mereknya sangat berbahaya karena dapat mengkristal di otak, didalam otak sendiri terdapat kelenjar pituitari yang menghasilkan hormon somatropin untuk pertumbuhan. Apabila di dalam otak terdapat kristal yang menyumbat otak, maka akan menghambat laju produksi hormon pertumbuhan. Apakah MSG atau Monosodium Glukamate itu? MSG adalah garam natrium (sodium) dari asam glutamat (salah satu asam amino non-esensial penyusunprotein). MSG umumnya dijual sebagai kristal halus berwarna putih, dan penampakannya mirip gula pasir atau garam dapur.
Glutamate adalah asam amino (amino acid) yang secara alami terdapat pada semua bahan makanan yang mengandung protein. Misalnya, keju, susu, daging, ikan dan sayuran. Glutamate juga diproduksi oleh tubuh manusia dan sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh dan fungsi otak. Setiap orang rata-rata membutuhkan kurang lebih 11 gram Glutamate per hari yang didapat dari sumberprotein alami.

Monosodium Glutamate adalah zat penambah rasa pada makanan yang dibuat dari hasil fermentasi zat tepung dan tetes dari gula beet atau gula tebu. Ketika MSG ditambahkan pada makanan, dia memberikan fungsi yang sama seperti Glutamate yaitu memberikan rasa sedap pada makanan. MSG sendiri terdiri dari air, sodium dan Glutamate.

MSG dibagi menjadi dua jenis, yakni alami dan buatan. MSG yang alami sehat untuk dikonsumsi. Sedangkan yang buatan, dan justru banyak beredar, sangat berpotensi mendatangkan gangguan kesehatan.

Jika digunakan secara berlebihan, MSG mempunyai efek negatif terhadap tubuh. mengkonsumsi MSG sebanyak 12 gram per hari dapat menimbulkan gangguan lambung, gangguan tidur dan mual-mual. Bahkan beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi berupa gatal, mual dan panas. bukan hanya itu saja MSG juga dapat memicu hipertensi, asma, kanker serta diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan.

Mie instan apapun mereknya merupakan junk food (makanan sampah), yang begitu banyak mengandung ketidakbaikan bagi tubuh kamu. Baik bahan-bahan mienya maupun bumbunya, semuanya tidak baik bagi tubuh, dalam proses pembuatannya, mie instan yang mempunyai bentuk sangat panjang dilipat, digoreng, dan dikeringkan dengan oven panas. nah dalam proses penggorengan ini mie akan mengandung lemak. mie instan memang bahan bakunya adalah tepung, tapi dalam proses pembuatannya juga ditambahkan dengan minyak sayur, garam, natrium polifosfat (pengemulsi, penstabil dan pengental), natrium karbonat dan kalium karbonat (keduanya pengatur keasaman), tartrazine (pewarna kuning).

Kadang natrium polifosfat dicampur guar gum. Bahan lain misalnya karamel, hidrolisat protein nabati, ribotide, zat besi dan asam malat yang fungsinya tidak jelas. Selain minyak sayur, ada pula food additive, yaitu bahan-bahan kimia yang ditambahkan ke dalam proses pengolahan makanan, dengan tujuan agar makanan tersebut memiliki sifat-sifat tertentu.

Bumbu mie, misalnya garam, gula, cabe merah, bawang putih, bawang merah, saus tomat, kecap, vetsin (MSG) serta bahan cita rasa (rasa ayam, rasa udang, rasa sapi) juga banyak menggunakan additive. Belum lagi stirofoam dalam mie cangkir, yang dicurigai bisa menyebabkan kanker.

Olahraga 

Selain faktor gizi ternyata olahraga juga sangat mempengaruhi tinggi badan seseorang. jika kamu membandingkan antara pemain basket atau perenang pasti memiliki postur serta tinggi badan yang semampai dibandingkan dengan tinggi badan orang yang malas olahraga. mengapa demikian? Ternyata olahraga teratur dapat membantu tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan. Bila hormon pertumbuhan bertambah maka kemungkinan terbesar juga akan mempengaruhi tinggi badan pula. selain itu olahraga seperti renang serta basket tadi juga dapat merangsang otot-otot serta tulang belakang untuk lebih jenjang dan kuat. Kalau kamu termasuk orang yang padat akan aktifitas sehari-hari dapat juga melakukan olahraga dalam ruang seperti video di bawah ini

Pola tidur 

Kamu tipe orang yang hobi bergadang? Mungkin sudah waktunya untuk mengubah pola hidup kamu dari sekarang. Bergadang hanya akan berakibat buruk bagi kesehatan serta akan memperlambat proses pertumbuhan kamu. Seseorang pada dasarnya membutuhkan tidur yang berkualitas. Karena hormon pertumbuhan hanya dapat bekerja maksimal ketika tidur. Jadi semakin tidur seseorang berkualitas maka, hormon pertumbuhan tulanh pun akan semakin bekerja optimal. Pertambahan tinggi badan ini disebabkan oleh tumbuhnya tulang rawan pada kaki dan punggung seseorang. Ini disebabkan oleh karena adanya pertambahan panjang tulang rawan pada punggung dan kaki. Pertambahan tulang ini hanya ini bersifat sementara.

Posisi Tidur

Posisi tidur terbaik untuk menambah tinggi badan adalah tidur telentang tanpa bantal, posisi ini sangat membantu meluruskan tulang sehingga bisa membantu kamu menambah tinggi badan secara alami


Permohonan Penulis:
Jika anda mendapatkan banyak manfaat dari artikel ini tolong bantu kami share melalui tombol like atau share yang ada di samping atau bawah artikel ini. Pasti teman-teman anda akan merasa senang jika anda berbagi hal bermanfaat, bantuan anda juga sangat berarti bagi kami. Terimakasih
Share this.