Rabu, 25 Maret 2015

My Acne Story - Review Darsi By Borobudur Natural Herbal Industry

Halo guys,
kali ini aku mau cerita pengalamanku tentang jerawat. Waktu remaja dulu aku udah tau kalo emang remaja hormonnya labil, dan itu merupakan salah satu pemicu jerawat. Cuma semakin sekarang ilmu semakin berkembang dan banyak cewek kece di luar sana yang menolak untuk dikalahkan oleh jerawat (ga bisa gitu aja pasrah). Secara aku gak kece-kece amat, seenggaknya aku mau dong keliatan bersih dan segar, biar tetep sedap dipandang oleh orang lain.

Pertama liat iklannya entah tahun berapa, aku pikir ini iklan cuci darah! secara masih belum ngerti cuci darah itu apa. Aku ga pernah kepikiran kalo bakal cobain produk ini, sampe si jerawat datang bertubi-tubi. Berbekal review dari para blogger lain, aku coba cek keabsahahan si Darsi ini.

Pastikan produk Darsi yang kamu beli ini bersegel BOROBUDUR. Ini adalah nama produsennya. Aku malah teringat dengan bungkus rokok kalo liat segel ini hehe


Mari kita lihat keterangan di belakang bungkusnya..

Sebagai produk yang pernah aku remehkan khasiatnya, aku cukup kaget dengan kelengkapan informasi yang diberikan. Semuanya lengkap! Aku kurang tau pasar pemasaran si Darsi ini, tapi bahasanya cukup lengkap, mewakili bahasa asing yang memang banyak penggunanya. Ada bahasa Indonesia (jelas ini produk Indonesia pasti ada bahasa Indonesia), bahasa Inggris, bahasa China, dan bahasa Arab (maaf kalo salah, aku taunya ini Arab gundul).

Satu hal lagi yang bikin aku terkesan. Jadi setelah ikut kuliah Etnobotani, aku lebih senang dan lebih percaya pada khasiat tumbuhan di alam, terutama kekayaan alam Indonesia. Untuk mendukung hal itu, tentu aku harus ikut serta menggunakan produk tradisional. Jadi aku lebih sering memperhatikan produk-produk yang berlogo JAMU atau HERBAL. Memang sayang sih sekarang banyak yang mengatasnamakan herbal, padahal abal dan gak jelas bahannya apa. Jadi sejauh ini saya hanya menggunakan produk tradisional yang memiliki sertifikat saja atau buatan dari lembaga terpercaya yang merupakan ahlinya, dan saya tahu itu siapa haha.

Oke balik lagi ke Darsi ini, ternyata dia salah satu produk berlabel jamu yang menuliskan nama simplisia secara tepat. Ada merk lain yang terkenal tapi penulisannya asal, sehingga saya yang mengerti menjadi ragu dengan kandungannya.

Nah, ini saya coba menerjemahkan nama simplisianya serta mencantumkan kegunaan simplisia tersebut. Kegunaan berasal dari berbagai sumber, tapi saya samakan dengan yang tercantum di web Borobudur (www.JamuBorobudur.com) dan menambah kegunaan lain yang saya temukan.

Nama Simplisia
Nama Lokal
Kegunaan
Curcumae Rhizoma
Akar  temulawak
Membersihkan darah seorang perempuan dalam masa nifas, membersihkan darah, obat koreng, kudis
Zingiberis aromaticae Rhizoma
Akar lempuyang wangi
Kandungan minyak atsiri-nya mampu menghambat udema dan bersifat sebagai antiinflamasi
Zingiberis purpurei Rhizoma
Akar bengle
Pembersih darah
Andrographidis Herba
Herba sambiloto
Mengobati borok, penawar racun serangga, penawar racun ular, eksim, pembersih darah
Curcumae domesticate Rhizoma
Akar kunyit
Menghilangkan gatal, mendinginkan, sebagai obat koreng , Antiseptik
Sappan Lignum
Kayu secang
Obat luka, pembersih darah,penawar racun, penghenti pendarahan, pengobatan pasca persalinan
Elephantopi Folium
Daun tapak liman
Mengobati bisul, eksema, kurang darah, pembersih darah

Oke, sekian penjelasannya, semoga dimengerti.
Mari kita buka bungkusnya.

Ada bungkus di dalam bungkus! kurang lebih kemasannya sama dengan bungkusnya. Hanya bungkusnya ini berbahan plastik. Di dalam ini juga terdapat silica gel. Bagus, bisa lebih higienis, lagipula Darsi ini bentuknya pil, jadi pasti berantakan kalau ga dikasih plastik.




Untuk produk yang dibandrol dengan harga murah, ini bener-bener professional dengan menyertakan brosur. ini brosur dengan bahasa Indonesia :


dan ini brosur dengan bahasa China dan Arab, aku sama sekali ga baca ini ._.


Masih banyak loh ternyata masyarakat Indonesia yang malas membaca keterangan dalam kemasan maupun brosur, padahal itu bermanfaat. Dan aku yakin orang yang sering mencari review dari blog orang lain adalah konsumen yang baik karena mencari tahu dulu mengenai produk yang akan ia konsumsi, selain sisi gak mau ruginya ya hhe. Siapapun kalau liat review banyak yang ga bagus pasti urung membeli produk tersebut.

Akan aku perjelas keterangan brosur tersebut.

Darah kotor dapat menyebabkan bisul, jerawat, gatal-gatal, biang keringat yang sangat mengganggu aktivitas kerja dan penampilan. Darsi pil/ kapsul (Wow, tuh kan jadi tau Darsi punya yang bentuk kapsul juga) diramu khusus untuk mengobati dan mencegah bisul, jerawat, gatal-gatal pada kulit, dan biang keringat. Dapat juga melancarkan peredaran darah sehingga badan menjadi sehat dan segar.

Khasiat dan Kegunaan:
-Membantu mengatasi jerawat, bisul, dan gatal-gatal.
-Secara tradisional digunakan untuk (melancarkan?) sirkulasi darah 

Cara Pemakaian: 
Pil: Minumlah secara teratur 2 kali sehari @5 pil. Dosis dapat ditingkatkan atau dikurangi sesuai kebutuhan. Untuk anak-anak gunakan setengah dari dosis dewasa.

Kapsul: Minumlah secara teratur 2 kali sehari @2 kapsul. Dosis dapat ditingkatkan atau dikurangi sesuai kebutuhan. Untuk anak-anak gunakan setengah dari dosis dewasa.

Sejauh ini aku minum sekali sehari dengan dosis @5 kapsul sehari. Biar bertahap dan tubuh tidak kaget.

Anjuran: Sebaiknya minum 2,5 liter per hari.

nah ini aku suka, emang normalnya manusia harusnya udah sadar sendiri minum perhari ga boleh kurang, tapi banyak aja kan alesannya yang kurang minum. Aku juga termasuk yang jarang minum, makanya dulu si pacar beliin mug lucu St Yves gitu biar aku suka minum, ya emang ngaruh sih buat aku :p kok malah curhat.

Tips Penyimpanan:
Produk-produk Borobudur Natural Herbal Industry aman untuk dikonsumsi sehari-hari karena mangandung bahan alami yang berkhasiat serta diproses menggunakan mesin-mesin berteknologi modern dengan cara "Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik" (CPOTB).

iya, herbal/ jamu aman dikonsumsi setiap hari karena ga punya efek samping, asalkaan jangan kelebihan dosis. Inget, yang berlebihan itu ga baik.

Dianjurkan untuk memperhatikan cara penyimpanan poduk, terutama sediaan dalam bentuk kapsul karena mengandung ekstrak dalam konsentrasi tinggi. Semua sediaan kapsul dan pil akan aman dikonsumsi hingga tanggal kadaluarsa.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempertahankan produk:
1. Jangan terlalu lama membiarkan kemasan produk dalam keadaan terbuka karena akan menyebabkan produk cepat rusak bila terkena udara lembab. Hindari menyimpan produk di bawah sinar matahari dan di bawah lampu secara langsung, serta tempat-tempat yang bersuhu tinggi.
2. Silica gel yang ada dalam kemasan sebaiknya tidak dibuang karena silica gel dapat melindungi produk dari kelembaban.
3. Jika suatu saat anda mengonsumsi produk kami dan menemukan produk yang menggumpal, anda tidak perlu khawatir karena hal itu umum terjadi pada produk dengan kandungan ekstrak tinggi. Namun hal ini tidak mempengaruhi khasiat dan cara kerja obat herbal tersebut dalam proses penyembuhan. Asalkan kemasan masih dalam keadaan tertutup rapat dan belum kadaluarsa, produk masih aman dikonsumsi.


Dengan harga Rp10.315,00 bisa dapet 100 pil @225 mg dan karena aku minum setengah dosis, maka kalo aku minum tiap hari, pil ini akan habis dalam waktu 20 hari. Sejauh ini aku udah konsumsi 3 hari, dan aku merasakan manfaat :D

yah sayangnya aku ga foto keadaan jerawat aku 3  hari yang lalu.
tapi nanti akan aku update lagi setelah pil aku habis.

Abaikan dark circlesnya :(



Resume ya seperti biasa
Kelebihan: 
(+) murah, mudah didapatkan di apotik maupun swalayan
(+) terbuat dari bahan alami dan produsen yang professional

Kekurangan:
(-) kalo kena lidah rasanya pahit (iyalah jamu)

Repurchase? Mungkin kalo nanti ada serangan jerawat lagi. Saat ini sih mau ngehabisin pil-pil ini dulu.


Thanks for visit. 
Stay away from abal product!
XOXO

16 komentar

Pake darsi ngefek ya ka? Ak juga pgen coba... alhamdulillah muka lagi jerawatan,.. boleh minta kontak kakak ?? Mau Tanya...

darsi itu untuk penghilang bekas jerawat juga ga?

sorry, telat reply :( aku ga pernah coba pake darsi aja, selain darsi aku pake bedak jerawat juga, dan secret key ste mini, pola makan baik dan kebiasaan baik (jgn pegang2 wajah, ganti sarung bantal dan handuk dll). darsi salah satu perawatab dari dalam aja, sejauh ini lumayan mengurangi jerawat :)

spesifiknya sih bukan untuk penghilang bekas jerawat, tapi mencegah dan mengobati jerawat, tapi secara umum khasiat bahannya bagus untuk tubuh dan itu menjadi salah satu faktor regenerasi kulit tapi ga akan terlihat perubahannya secara signifikan, kalau mau hilangin bekas jerawat bisa pakai krim/ lotion yg mengandung aha saat malam, siangnya harus pakai sunblock. kalau mau cepat bisa pakai krim hidroquinon 2%, tapi ga boleh dipakai sembarangan, referensi bisa ke dokter langsung atau googling ya :)

Kalo dikonsumsi pas menstruasi boleh ga ya kak ?

aku jerawatan pas hanya mau dan saat menstruasi, pengennya sih minum karena ga ada keterangan larangan untuk diminum saat mens, tapi aku hindari karena bahan2nya untuk melancarkan peredaran darah, takutnya terlalu berlebihan, karena pas mens kita juga lg mengeluarkan darah kotor ^^ lebih baik enggak ya sis

Mau nanya, kira kira bisa dikonsumsi untuk ibu nenyusui ga yaa.. thanks infonya..

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

ga ada larangan sih untuk Ibu hamil, tapi sebaiknya dikonsultasikan saja sama dokter kandungannya. setau aku kalau masalahnya jerawat, memang pas hamil banyak yang tiba-tiba jerawatan karena perubahan hormon ^^ aku tidak merekomendasikan, karena meskipun herbal, Ibu hamil sensitif ^^

Hai kak.. saya baru mengkonsumsi sekitar 15 butir darsi.. tp yang saya lihat jerawat malah bruntus bermunculan. Apa ini efeknya ya?

Hai..aku baru mau coba darsi, tapi takut jerawat nya makin banyak seperti obat lain yang munculin semua jerawat abis itu baru disembuhin. Kamu ngalamin ga?

hai kak, aku uda coba darsi 1 kotak yg pil tapi malah jerawatnya muncul lbh banyak, apa itu efek awal, menurut kk in pemakaian lanjut atau berhenti ajah yah?

hai kak, aku uda coba darsi 1 kotak yg pil tapi malah jerawatnya muncul lbh banyak, apa itu efek awal, menurut kk in pemakaian lanjut atau berhenti ajah yah?

Hai kak.. Apakah darsi juga mengobati mata bintitan atau tidak?

Hai kak.. Apa darsi juga mengobati mata bintitan?

Kak kalo minum darsi akan menimbulkan haid ngga kak?