Minggu, 15 Februari 2015

Benzolac 2,5% | Review Krim Jerawat Favorit


Hai semua! :)

Sebagai orang yang kulitnya mudah berjerawat, saya punya macam-macam produk anti-acne favorit, salah satunya Benzolac!

Benzolac adalah krim jerawat yang mengandung Benzoyl Peroxide (BPO) yang bisa membasmi bakteri penyebab jerawat sekaligus membersihkan pori-pori kulit kita dari tumpukan sebum dan sel kulit mati yang bisa membuat wajah kita berkomedo bahkan berjerawat. Yang saya pakai sekarang adalah benzoyl peroxide 2,5%. 

Deskripsi Produk

  • Nama: Benzolac® 2,5% (Benzoly Peroxide 2,5%)
  • Produksi: PT SDM
  • Nett: 5 gr kemasan tube 
  • Harga: 15.000-an
  • Jenis: Obat bebas terbatas (logo lingkaran biru)

Brosur Obat

KOMPOSISI 
Benzolac® 2,5% mengandung Benzoil Peroksida 2,5% dalam dasar gel.

INDIKASI & DAYA KERJA
Benzolac® ditujukan untuk membantu pengobatan jerawat. Lokal pada kulit sebagai obat jerawat berdasarkan sifat yang dimiliki yaitu menurunkan konsentrasi asam lemak bebas dalam sebum, bersifat anti mikroba terhadap propini bacterium acnes dan bersifat keratolitik.

ATURAN PAKAI
  1. Cucilah muka dengan seksama
  2. Cobalah tes, terhadap kulit. Oleskan gel ini dengan ujung jari pada bagian yang berjerawat selama 3 hari pertama. Bila tidak terjadi reaksi dan gangguan, gunakan 1-2 kali sehari dengan cara mengoleskan krim tipis-tipis dan hati-hati pada tempat yang berjerawat dan sekitarnya. Hindarkan pemakaian yang berlebihan.
  3. Bila terjadi kekeringan atau kulit yang terkelupas dosis kurangi menjadi 1 kali sehari atau 2 hari sekali.

KONTRA INDIKASI 
Jangan dipakai oleh penderita yang diketahui peka terhadap Benzoil peroksida. 

PERHATIAN 
Hindari kontak dengan mata, pelupuk mata, bibir atau selaput lendir lainnya. Pada pemakaian biasa mungkin akan timbul rasa panas pada penggunaan pertama dan kulit menjadi agak merah serta mengelupas dalam beberapa hari. Hal ini tidak berbahaya dan akan hilang dalam waktu satu atau dua hari bila pengobatan dihentikan untuk sementara waktu. Sesudah reaksi hilang, pengobatan dapat dilanjutkan dengan mengurangi pemakaiannya. Hati-hati bila Benzoil Peroksida diberikan pada wanita hamil dan menyusui. Keamanan pemakaian dan efektifitas pada anak-anak belum ditetapkan. Jangan digunakan dengan kasa yang tertutup rapat (acclusive dressing), karena dapat merangsang timbulnya reaksi sensitisasi. Bila terjadi pembengkakan, iritasi, kemerahan atau kekeringan yang berlebihan, hentikan pemakaian. Bila gejalanya tidak berhenti hubungi dokter.Hati-hati dipakai pada leher dan daerah sensitif lainnya. Pada uji dengan menggunakan hewan percobaan dapat menimbulkan tumor kulit pada tikus.   

HANYA UNTUK PEMAKAIAN LUAR

JAUHKAN DARI JANGKAUAN ANAK-ANAK

EFEK SAMPING
Dermatitis kontak alergi telah dilaporkan pada pengobatan Benzoil Peroksida secara topikal.
Iritasi lokal (kerap kali terjadi reaksi hebat pada beberapa orang).

Beauty Blog

INTERAKSI OBAT 
Dengan asam vitamin A
KEMASAN
Tube plastik 5 gram netto

PENYIMPANAN
Dalam tube plastik yang tertutup rapat. Simpan ditempat yang sejuk dan kering.

P.T SURYA DERMATO MEDICA LABORATORIES
Surabaya, Indonesia
Reg. No. DTL 9028600828B1 

KESAN MENGGUNAKAN BENZOLAC 2,5

Selain VItacid, Benzolac adalah obat jerawat yang paling ampuh untuk jerawat saya. Selama ini saya menggunakan benzolac untuk jerawat yang kecil-kecil (pustule) maupun yang besar (cystic/nodule). Hasilnya sangat memuaskan. Kalau dipakai pada jerawat yang kecil, jerawatnya cepat kering. Kalau untuk jerawat yang besar, jerawatnya jadi cepat kempes dan lama-lama menjadi kering juga. IMHO, dibandingkan dengan Sebamed Clear Face Gel yang harganya 80 ribuan, Benzolac yang harganya sangat murah ini malah lebih efektif. 

Lalu, apakah ada efek samping yang terjadi pada wajah saya?

Iya! 

Awalnya saya mengoleskan tebal-tebal, karena saya pikir tidak apa-apa, toh konsentrasi BPO nya rendah hanya 2,5% saja. Ternyata, setelah mengoleskan tebal-tebal, kulit saya malah memerah dan akhirnya mengering lalu mengelupas :(. Karena kecerobohan saya itu, akhirnya Benzolac harus saya hentikan sementara. Tapi, bila digunakan tipis-tipis sesuai aturan, efek samping tidak lagi saya rasakan lagi.

Beauty Blog

Ada yang paling saya suka, Benzolac ini bisa dipakai di pagi-siang hari. Jadi, sebelum mengoleskan sunblock, saya oleskan Benzolac tipis-tipis. Setelah itu baru ditimpa bedak tabur. Beda sama Vitacid (Tretinoin) yang harus dipakai saat malam hari saja karena zatnya memang bersifat fotosensitif. 

Benzolac ini sediaannya Gel berwarna putih. Saat dioleskan terasa dingin, kemudian mengering meninggalkan bercak samar keputihan. Jadi, kalau mau dipakai siang bersama bedak atau makeup, oleskan Benzolac setipis mungkin. 

Yang kurang ku suka sepertinya tidak ada, semuanya nyaris sempurna: murah, kemasan praktis, efektif untuk jerawat kecil-besar dan sudah bersertifikat halal dari MUI (jarang-jarang lho obat halal). Hanya saja pemakaiannya memang harus hati-hati kalau tidak mau timbul efek samping seperti saya kemarin.

Nah, sekian review mengenai Benzolac 2,5%. Semoga bermanfaat! :)) 

Beauty Blog: http://silenceofthebeauty.blogspot.com

8 komentar

bagusan ini atau vitacid kak?
jerawat saya udah beres pake vitacid, tapi sekarang masih sering muncul & lama lagi kempesnya padahal pake vitacid 0.05%. pengen coba ini rencananya

thank you

Menurutku dua-duanya bagus, aku coba keduanya. Tentunya dengan kekurangan kelebihannya masing-masing, misallnya kalau vitacid gak bisa dipakai siang hari karena fotosensitif, sedangkan benzolac bisa. Kalau vitacid, selain bisa ngobatin jerawat, bisa memperbaiki tekstur kulit yang rusak, tapi kalau benzolac enggak. Trus, benzolac efek sampingnya lebih ringan, asalah dipakai sesuai aturan.

Kalau vitacid emang kurang bisa ngempesin, tapi mengeringkan. Kalau benzolac bisa ngeringin bisa ngempesin jerawat juga.

yuk, dicoba aja. Jangan lupa baca aturan pakainya, ya ;)

Say, cara aplikasi benzolac ke wajah gmn? Di totol di jerawatnya aja ato dioles rata ke seluruh muka?

Kalau misalnya nih pake benzolac trus pake pelembab muka lagi yang wardah gitu trus pake lagi bedak tabur , boleh ngakk?

Kak..klo hbis pke benzolac trus pke sebamed clear face care gel boleh gk ?

Kak..klo hbis pke benzolac trus pke sebamed clear face care gel boleh gk ?

Ka aku juga ngalamin pake benzolac yrus muka aku merah sama mengelupas. Tpi ketara banget.. klo kk ngilangin nya gimna ya biar kulit yang terkelupas itu cepet hilang.. yrus apakah setelah itu bakal menimbulkan bekas di kulit? Makasih.. mohon jawaban.ny

bantu jawab aja... benzolac sifatnya ngeringin kulit dan bisa bikin iritasi ringan. jadi menurut saya kalo nimpa pake sebamed juga gak terlalu ngaruh karena sifatnya gel dan gak bakal ngeliatin reaksi ampuh juga (menurut pengalaman saya lho y hehe). kalo saya lagi ngikutin the acne regimen punya acne.org dan itu termasuk pake benzoil peroxide 2,5 dan habis itu ditimpa non comedogenic moisturizer.