Kamis, 12 Februari 2015

Dua Macam Pengobatan Jerawat


Mengobati jerawat itu susah-susah gampang, karena jerawat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti produksi minyak, hormonal, infeksi bakteri, dll. Namun selalu ada cara dalam mengobatinya. 

Kali ini Aknelogi akan memaparkan secara singkat berbagai macam zat aktif yang bisa membantu mengobati jerawat, baik obat yang harus dibeli dengan resep dokter sampai krim jerawat yang bisa kamu temukan di minimarket. 

Di blog Aknelogi, treatment untuk acne dikelompokkan ke dalam 2 kategori:

  1. Drugs/Medicine Adalah obat jerawat konvensional yang bisa dibeli bebas (drugstore/OTC) maupun obat jerawat yang harus dengan resep dokter. Efek terapi golongan obat terbilang cukup tinggi, karena efektifitasnya sudah teruji secara ilmiah. Contoh: Golongan retinoid (tretinoin, isotretinoin, dll), asam salisilat, azelaic acid, dll. Selengkapnya, klik di sini dan di sini.

  2. Alternatives Medicine (Natural Care)
    Tidak setiap orang mau menggunakan obat-obat kimia. Dan saat ini, pengobatan alternatif seperti herbal dan tradisional mulai kembali banyak digemari masyarakat, bahkan bahannya bisa didapatkan di dapur kita. Namun, yang sangat disayangkan, banyak terapi alternatif yang hanya katanya-katanya saja, tidak heran efektifitasnya tidak setinggi pengobatan jerawat dengan obat-obatan medis. Meski begitu, banyak juga penelitian ilmiah mengenai obat-obat jerawat dari bahan alami, misalnya tea tree oil. Biasanya, terapi alternatif lebih tepat direkomendasikan untuk mengobati jerawat ringan, atau untuk mencegah jerawat. Contoh: tea tree oil, sulfur, cinnamon, honey, dll)
Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan klik link yang dituju :)