Kamis, 12 Februari 2015

Perbedaan Komedo Putih dan Komedo Hitam




Orang yang memiliki kulit berminyak dan cenderung berjerawat sering mengalami masalah kulit yang disebut komedo. Hal itu tidak mengherankan, karena komedo itu sendiri termasuk ke dalam salah satu jenis jerawat ringan (non-inflamated acne).

Komedo itu apa sih? 

Komedo adalah sumbatan pada pori-pori kulit (hair folicle) akibat menumpuknya sebum/lemak dan sel-sel kulit mati (keratin) sehingga menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Sering juga terdapat bakteri penyebab jerawat.

Komedo itu sendiri terdiri dari dua macam bentuk, ada yang berawana hitam (blackheads) ada juga yang putih (whiteheads). Nah, apa perbedaan dari keduanya? Mari kita simak tulisan di bawah ini.

Blackheads

Disebut juga dengan opened-comedo (komedo terbuka). Warnanya kehitaman dan sering tampak seperti cucuk-cucuk landak. Karena permukaan komedonya terbuka, sehingga sebum/lemak pada komedo terpapar udara bebas dan mengalami proses oksidasi, sehingga menimbulkan warna kehitaman pada permukaan blackheads.



Whiteheads

Disebut juga closed-comedo (komedo terbuka). Warnanya putih-kekuningan, disebut closed comedo karena permukaan komedonya tertutup oleh lapisan kulit. Berbentuk tonjolan-tonjolan putih, kadang hanya seperti bruntus kulit biasa. Mirip dengan milia. 



Referensi:
http://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=10436

sumber gambar:
http://s.hswstatic.com
http://www.wishtrend.com