Jumat, 16 Oktober 2015

5 Obat Tradisional yang mampu mengobati batuk dan dijamin manjur

KimiNoru - Batuk adalah salah satu penyakit yang mampu menyerang siapa saja baik dari umur balita sampai dengan yang sudah lanjut usia, apalagi pada saat musim hujan baik itu batuk berdahak, batuk kering, atapun batuk karena flu.

Penyakit ini sangat mengganggu aktifitas kita bukan?
penyebab penyakit batuk adalah adanya debu atau kuman yang menyebabkan adanya lendir di tenggorokan sehingga membuat tenggorokan kita gatal. Untuk menghilangkan penyakit batuk ini ada banyak cara yang dapat kita lakukan salah satunya adalah dengan obat batuk yang dapat kita beli di toko terdekat ataupun apotek terdekat namun disini KimiNoru akan memberi tahu kalian Cara mengobati penyakit batuk ini dengan cara yang Tradisional.

Berikut beberapa obat tradisional yang mampu mengobati penyakit batuk:

1. Jeruk Nipis

Siapa sih yang tidak tahu buah yang satu ini, yaps jeruk nipis ini mampu mengusir penyakit batuk berdahak, batuk berdahak itu terjadi karena adanya peradangan pada tenggorokan sehingga terdapat lendir di saluran pernafasan tersebut. biasanya penyakit ini disebabkan oleh virus tuberculosa, influenza dan campak.

Untuk mengobati batuk ini kita dapat mencampurkan beberapa perasan jeruk nipis ini dengan air dan sesendok kecap manis, dan bagi kalian yang tidak begitu suka dengan kecap kalian mampu menggantinya dengan madu.

Minumlah secara rutin 2-3 kali sehari.

2. Jahe



Rempah satu ini mengandung zat anti bakteri yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain mampu mengobati batuk berdahak, jahe juga mampu menghangatkan tubuh. Bagi kalian yang sedang mengalami penyakit batuk beradhak, jahe sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sari jahe ataupun lebih dikenal dengan wedang jahe minimal satu kali sehari. Cara membuat wedang jahe sangatlah mudah. Dengan memotong jahe lalu direbus dan air rebusan itu dituangkan ke dalam gelas dan tambahkanlah sedikit gula. Minumlah selagi hangat. Atau bisa juga dengan menyiapkan beberapa potongan jahe yang sudah dikupas, masukkan kedalam gelas teh hangat dan minumlah sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

3. Kencur


Selain untuk mengobati penyakit asma kencur juga mampu mengobati penyakit batuk. Sangat manjur jika dicampur dengan jahe. Caranya, siapkan kencur dan jahe secukupnya, parutlah kencur dan jahe sehingga menjadi halus lalu campurlah hingga merata. Rebuslah campuran kencur dan jahe tersebut pada segelas air yang sudah mendidih. Saring dan buanglah ampasnya dan minum lah hasil rebusan tadi selagi hangat minimal dua kali sehari.

4. Daun Sirih

Jika kita menderita batuk berdahak tentu itu sangat mengganggu aktifitas kita sehari hari yang sanat padat dan memiliki mobilitas yang tinggi. Untuk mengobati batuk ini kita harus segera melakukan tindakan untuk mencegah agar batuk ini tidak semakin parah, daun sirih ini juga mampu untuk mengobatinya, caranya adalah, rebuslah daun sirih secukupnya dengan beberapa potong jahe. Minumlah rebusan daun sirih dan jahe minimal satu kali sehari.

5. Asam Jawa dan Gula Merah

Gula merah dan asam jawa sangat mudah dicari di dapur dapur orang indonesia sebagai bahan memasak. Selain untuk membuat masakan agar lezat, asam jawa dan gula merah ini mampu mengobati batuk juga loh. Caranya adalah, siapkan 10 daging buah asam jawa dan seduhlah dengan segelas air panas yang sebelumnya sudah dimasukkan dula merah secukupnya, aduklah hingga semuanya tercampur dan minumlah selagi masih hangat.

Baca Juga : Beberapa Aktifitas yang dapat membuat anda lupa waktu

Nah bagaimana?
Semoga batuk kalian menjadi lebih baik dari sebelumnya ya hehehe
Sekian dari KimiNoru semoga bermanfaat.