Minggu, 07 Juni 2015

My Daily Sun Block : Review Ristra Sun Care SPF 17


Halo! Kali ini aku akan memperkenalkan salah satu produk yang sudah aku repurchase berkali-kali karena disarankan dokter dan kebetulan Ibu aku suka rela sponsorin produk ini. Jadi semua yang aku dapet khusus brand ini gratis huheuehueheu. Tapi bukan hanya itu aja alesannya aku selalu pakai produk ini, selain emang aku butuh pakai sehari-hari, produk ini tidak membuat breakout sama sekali.

Produk lama kok, siapa yang masih belum kenal sama brand Ristra?
Ini adalah salah satu produk lokal yang sekarang udah gampang banget ditemukan.

yang selalu jadi kontoversi adalah nominal SPF yang tercantum di kemasan. Menurut aku ini tergantung keyakinan dan kebutuhan masing-masing aja ya. Ada yang pakai SPF 50 bahkan sampai SPF 100. Sayangnya di Indonesia belum ada ketentuan pemakaian batas SPF minimal. Di beberapa negara sudah ada perhatian dari Pemerintah mengenai kebutuhan masyarakatnya. Di Indonesia sendiri hanya butuh SPF 15-20. Orang Asia Tenggara mempunyai ketahanan alami terhadap sinar matahari dan butuh sedikit SPF untuk melindunginya, makanya orang asia jarang yang kena kanker kulit (


Kenapa aku pilih SPF 17? Karena daya perlindungannya ga jauh beda kok sama yang SPF tinggi-tinggi. Sempat tergiur dengan SPF yang tinggi agar ga gosong, apalagi aku sering ke lapang, dan yang paling gila panasnya adalah lokasi bekas pertambangan. Tapi akhirnya aku mikir yang penting kan aplikasinya yang berulang, bukan nominal SPFnya. Sejauh ini juga selama aku rajin, kulit aku ga akan gosong. Pernah gosong pun habis main di pantai ga apply lagi si sunblocknya hihi.
Ohya, setau aku juga semakin tinggi SPF, semakin mahal juga si sun block hihi 



Back to product! Ristra Sun Care tidak memiliki kemasan kardus, namun semua informasi kandungan dan cara pemakaian tecantum langsung di tubenya.
Ristra Sun Care mengklaim bahwa mereka mengandung pH seimbang, dan pH seimbang dibutuhkan oleh kulit, bukan yang asam atau basa. Tapi disini aku ga bisa jamin pH Ristra Sun Care ini seimbang ya guys, kalau Ristra menantumkan nilai pH yang ada di produk ini pasti lebih bagus lagi. Kandungan pH yang dibutuhkan oleh kulit wajah adalah


Berdasarkan BPOM dan MUI, produk ini sudah terdaftar dan diklaim sebagai produk yang aman dan halal. Sayangnya meskipun mengklaim melindungi kulit dari UVA dan UVB, tapi SPF nya tidak (++) 


Sun screen yang digunakan pada produk ini adalah Titanium Dioxide dan Alumunium Hydroxide. Agak kurang umum ya, biasanya Titanium Dioxide. Aku menemukan di www.sciencedaily.com bahwa Alumunium Oxide beresiko tidak baik pada kesehatan untuk pemakaian jangka panjang, mudah-mudahan sih Alumunium Hydroxyde nggak ya, mungkin aku request diganti sama Zinc Oxide dong haha
Kenapa? Karena Zinc Oxide lebih strong dalam mengatasi sinar UVA dan UVB





Sama dengan produk sun block lainnya yah, teksturnya agak thick, namun ini mudah di blend karena waterbased. Di kemasannya sendiri ga ada instruksi untuk reapply padahal reapply sun block sangat penting. FDA US aja menerapkan semua produk sun block yang klaim water ressistant harus mencantumkan reapply every 40 minutes.


Ga suka tutup tubenya, ini mudah banget belepotan dan bertahun-tahun aku pake ini ga pernah berubah kemasannya jadi belepotan terus. Tapi ya ga terlalu jadi masalah. 

Review
+ Murah soalnya dibeliin Ibu
+ Mudah ditemukan
+ Ga terlalu whitecast
+ Ga terlalu bikin berminyak
+ No breakout

- Ga ada SPF++ nya
- Tutup tubenya menyebalkan

Repurchase? 
Kalau ada budget lebih sih kayaknya ngga, mau coba poduk lain :) Misal EnvyMe Sun Screen Papaya Series >_< 

Where to buy? Hyermart, Giant, Toko Kosmetik,