Jumat, 20 Februari 2015

Sariayu Intensive Acne Care | Review


Hi, semua! :)

Kali ini Aknelogi akan mengulas salah satu prduk anti-acne dari Sariayu. Produk ini cocok sekali untuk kalian yang menyukai skin care natural untuk jerawat dan direkomendasikan untuk kalian yang memiliki jerawat-jerawat ringan.

Deskripsi Produk

  • Nama: Sariayu Martha Tilaar Intensive Acne Care
  • Produksi: PT. Martina Berto
  • Harga: IDR 18-20k
  • Netto: 12 ml
  • No. POM: NA18110102732
  • Dapat dibeli di: drugstore, supermarket, Martha Tilaar Shop, dll.

Katerangan Pada Kemasan


Mengandung belerang halus, pegagan dan bahan lain untuk membantu mengurangi jerawat dan merawat kulit berjerawat secara intensive.

Cara pakai: Bersihkan wajah, kocok campuran hingga merata, oleskan pada wajah yang berjerawat menggunakan kapas bersih.
Perhatian: hati-hati penggunaan pada kulit sensitif, terutama pada pemakaian tahap awal. Karena kandungan bahan alami, sewaktu-waktu warna bisa berubah tanpa terjadi perubahan kualitas produk.
Peringatan: mengandung menthol dan camphor. Tidak digunakan pada anak usia di bawah 3 tahun.

Komposisi



Pada produk ini ada beberapa zat aktif yang bermanfaat untuk mengobati jerawat dan merawat kulit berminyak, yaitu:
  • Sulfur
    Sulfur atau belerang bisa jadi merupakan obat jerawat tertua, karena sejak dulu belerang memang dikenal dengan zat antiseptik yang bisa menyembuhkan aneka penyakit kulit. Meski termasuk bahan yang alami, sulfur masih digunakan beberapa dokter kulit sebagai anti-jerawat.
  • Centella asiatica (pegagan)
    Salah satu bahan pengobatan herbal tertua untuk berbagai macam penyakit kulit. Berdasarkan penelitian, Pegagan mengandung  asiatic acid dan madecassic acids yang bermanfaat untuk luka bakar, penyembuhan luka, luka terinfeksi, anti-inflamasi dan antibakteri (sumber). Namun, saya sendiri belum menemukan sumber ilmiah yang jelas mengenai hubungan daun pegagan dengan pengobatan jerawat. Mungkin ada hubungannya dengan anti-inflamasi dan antibakteri pada Pegagan.
  • Salicylic acid
    Well, walaupun pada kemasannya tidak disebutkan efek asam salisilat untuk jerawat, tapi bahan ini justru lebih bermanfaat untuk kulit berminyak dan berjerawat ketimbang Pegagan yang jadi bintang utama pada produk ini. Salicylic acid atau yang dikenal juga dengan BHA bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dari tumpukan sel-sel kulit mati, sehingga bisa membantu membersihkan dan dan mencegah timbulnya komedo si cikal bakal jerawat.
  • Triclosan
    Banyak produk anti-acne lokal yang masih menggunakan triclosan sebagai anti-bakteri. Walaupun banyak negara sudah jarang yang menjual produk yang mengadung triclosan setelah mencuatnya isu keamanan dan pencemaran lingkungan oleh limbah triclosan.

Kesan Menggunakan Sariayu Intensive Acne Care



Wajah saya memang langganan berjerawat. Dirawat saja berjerawat, apalagi tidak dirawat. Makanya, untuk merawat kulit wajah, saya mengutamakan produk-produk skincare untuk acne walaupun kulit saya sedang baik-baik saja.

Saat menggunakan produk ini wajah saya sedang sedikit mulus, artinya lagi gak ada jerawat segede badak, tapi tetap ada beberapa jerawat kecil-kecil di jidat. Nah, saya pakaikan produk ini untuk jerawat saya yang kecil-kecil tadi selama seminggu-an, kebetulan zat aktifnya memang ringan jadi cocok untuk jerawat yang tidak terlalu parah.

Dan, selama seminggu pemakaian, ini kesimpulannya:

Yang Saya Suka

Pertama, saya suka skincare jerawat berbahan dasar sulfur atau belerang, karena sejak dulu saya selalu cocok. Saya dulu pernah jerawatan di punggung, dan cuma sembuh dengan sabun JF sulfur. Tapi, kalau dipakai berlebihan memang agak sedikit kering, tapi gak masalah.

Saat memakai ini pun, jerawat-jerawat di jidat saya satu persatu mulai mengering dan mudah dikelopek (iya, saya paling suka ngelopek jerawat yang udah kering kalau lagi iseng :p). Intinya, produk ini pas saat saya mengalami jerawat ringan, meski bagi saya belum ada obat jerawat bisa ngalahin Vitacid dan Benzolac, hehe. Tapi, buat kamu-kamu pencinta produk natural, ini reccomended banget! :)

Kedua, harganya murah dan mudah didapat. Cuma sekitar 20 ribuan pas saya beli di Century, itupun udah dipotong harga member, ya jatuhnya kurang dari IDR 20k deh, hehe. Mungkin kalau di supermarket bisa lebih murah lagi.

Ketiga, bersertifikat halal resmi dari LPPOM MUI. Ini nilai plus juga lho, karena saya seorang muslim, tentunya lebih tenang kalau pakai produk yang sudah terjamin halalnya.

Yang Kurang Saya Suka

Pertama, kemasannya dari kaca, riskan banget untuk pecah (mana kemasannya kecil). Dulu waktu saya beli produk ini untuk pertama kalinya, dusnya tidak sebesar sekarang, dulu dus pembungkusnya kecil hampir pas dengan ukuran botolnya. Dulu karena ceroboh, saya menjatuhkan dus bersisi produk ini dan akhirnya pecah sebelum saya pakai. Untung harganya murah, dulu cuma 10ribuan, hehe.

Nah, sekarang dusnya lebih besar, karena ada semacam lapisan pembungkusnya lagi, lumayan kalau terbanting dengan dusnya gak mudah pecah, meski tetap saja riskan.



Kedua, mulut botolnya lebar (lihat gamabar di atas). Nah karena terlalu mangap, jadi saya suka gak sengaja menuangkannya terlalu banyak, hehe. Mungkin next time produk ini bisa improve dari segi kemasannya :)

Ketiga, masih mengandung fragrance dan aneka pewarna sintetis. Well, walaupun relatif aman, tapi akan lebih alami dengan aroma dan warna aslinya saja, bukan? Tapi ya, yang namanya produk komersil, pasti penampilan wajib diutamakan. Banyak, lho orang yang gak mau minum/pakai jamu-jamuan karena bau dan warnanya yang aneh. Makanya saya masih bisa menerima dengan zat additive semacam ini, walau kurang suka.

Nah, sekian review mengenai Sariayu Intensive Acne Care. Semoga bisa bermafaat untuk teman-teman yang sedang mencari-cari review tentang produk ini, ya.

Keep healthy, guys! :)

S. Widjaja.